9 Aplikasi Wajib Untuk Para Siswa TKJ


Hai Kawan,, Bebicara  tentang jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) pasti akan berhubungan dengan komputer (Hardware dan Software) serta jaringan.  kali ini saya akan membahas tentang software yang wajib dimiliki oleh anak jurusan TKJ, karena menurut saya mempunyai aplikasi aplikasi tersebut dapat mempermudah  pekerjaan dan menambah wawasan anda dalam dunia komputer. Nah dibawah ini merupakan nama dan fungsi dari  aplikasi/sofwarenya :

1. Virtual box

Aplikasi yang satu ini sangat penting untuk anak TKJ, terutama untuk belajar instalasi sistem operasi seperti: windows,linux,unix dan lain lain. Virtual box merupakan aplikasi virtualisasi untuk uji coba instalasi sistem operasi. Virtual box menyajikan tampilan sederhana dan mudah dioperasikan tentunya , aplikasi ini  sangatlah cocok untuk mempelajari tentang menginstal system operasi. Jadi anda tak perlu melakukan dual boot hanya untuk mempelajari penginstalan system operasi. Dan untuk melakukan pengisntalan anda wajib mempunyai file Sistem operasinya juga dalam bentuk file ISO.

2. Lazarus

Fungsi dari aplikasi adalah  untuk membuat sebuah program dengan menggunakan script/kode. Karena di jurusan TKJ terdapat materi pemrograman dasar maka software ini wajib untuk dimiliki karena dari sekian software lainnya , karena aplikasi ini mempunyai kelebihan tersendiri dari segi tampilan dan fitur fiturnya.

3. Winbox

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang berguna untuk mengatur sebuah jaringan, seperti jaringan LAN dan jaringan wirelese.

4. Notepad++

Kenapa harus memakai Notepad++ bukannya window sudah menyediakan aplikasi notepad ? memang, akan tetapi aplikasi ini mempunyai fitur fitur yang dapat mempermudah dalam pembuatan script /coding ini.

5. Corel Draw
Aplikasi ini merupakan aplikasi pengolah foto/gambar, mengolah foto/gambar merupakan salah satu kemampuan yang harus dapat anak Tkj pelajari. Fitur fitur yang terdapat dari aplikasi inipun juga sangatlah banyak yang dapat mempermudah proses editing.

Baca Juga : Mengenal Jurusan TKJ
                  

6. Cisco Paket Tracer

Jika anda suka merancang suatu jaringan atau mendesain jaringan maka cisco paket tracer sangat cocok digunakan karena fitur-fitur nya cukup lengkap untuk mendesain suatu jaringan. Misal anda ingin membuat topologi dan tidak ingin repot menggambar secara manual maka cisco paket tracer recomended banget untuk anak jurusan TKJ. Selain desain aplikasi ini juga terdapat fitur fitur untuk membangun jaringan seperti Konfigurasi alamat IP, Routing, ataupun Kemanan jaringan. Perangkat yang tersedia dalam aplikasi ini bisa dibilang hampir lengkap, seperti : komputer, router, server, laptop dan masih banyak lagi.

7. Typer Shark

Aplikasi ini adalah aplikasi game, loh kok game ?  memang ini adalah sebuah game, tapi ini bukanlah game yang seperti biasanya, game ini dapat membantu anda dalam belajar mengetik. Karena  anak jurusan TKJ haruslah berbeda  dan lebih unggul dalam kemampuan komputer.

8. Power ISO
Power ISO merupakan aplikasi yang berfungsi untuk melakukan burning CD/DVD, Meng-ekstrak  file ISO, Virtual Drive,  Compres, dan Enkripsi.  Aplikasi ini pastilah akan berguna dalam mempermudah pekerjaan anda.

9. XAMPP

Software ini berguna untuk pembuatan database dan juga bahasa pemrograman yang nantinya akan kita masukan ke dalam web. Software ini pun dapat support di 5 Operating System. Jadi kita dapat membuat database menggunakan 5 operating system yang berbeda, tergantung anda memilih operating system mana yang di sukai. Bahasa pemograman yang tersedia  di aplikasi  XAMPP yaitu : Html, Apache, Php, dan Perl.

Nah itulah aplikasi aplikasi wajib ada didalam komputer para anak jurusan TKJ, Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dalam dunia IT dan mempermudah pembelajaran anda ๐Ÿ˜
Salam TKJ Kawan๐Ÿ˜Š SMK BISA!!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 komentar

komentar
14 Maret 2018 pukul 08.53 delete

waduh keren juga mahasiswa TKJ bahasan nya banyak banget gan bikin pusing xD

Reply
avatar
14 Maret 2018 pukul 09.37 delete

makasih gan infonya,kbetulan lg butuh burner cd..

Reply
avatar
2 September 2019 pukul 04.39 delete

Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

Keunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

Reply
avatar