Mengenal Jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan)


Jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) adalah suatu jurusan yang terdapat di SMK yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Sekarang ini jurusan TKJ merupakan jurusan yang sangat populer/banyak peminatnya, meskipun banyak sekali saingan dari jurusan TKJ yaitu jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), jurusan Multimedia, dan jurusan lainnya. Jurusan ini mulai dilihat publik, dimana jurusan ini merupakan jurusan yang sudah mendekati ilmu praktisi yang langsung dapat diimplementasikan dilingkungan dunia kerja profesional. Menjalani jurusan teknik komputer dan jaringan tidak semudah yang dibayangkan oleh beberapa peminat (calon siswa) yang mendaftar pada jurusan ini. Jurusan Teknik komputer dan jaringan ini dapat dicapai dengan maksimal ketika ditunjang dengan bakat seseorang (siswa), disinilah letak persoalan jurusan ini. Karena jika sesorang mengikuti program TKJ sementara jurusan ini tidak dapat dijiwai dengan baik maka akan terasa berat dalam hal implementasi dilapangan sementara promosi yang sudah ada dimata publik adalah jurusan yang sudah siap diimplementasikan dalam dunia kerja khususnya diperusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang Komputer dan Jaringan.

Menjadi satu kepuasan tersendiri jika jurusan ini dikembangkan berdasarkan bakat dan minat yang besar khususnya bagi siswa sekolah menengah kejuruan yang benar-benar ingin memiliki ilmu yang berkaitan dengan komputer dan jaringan. Disekolah yang setara dengan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) sudah mulai banyak yang melirik atau membuka peluang jurusan ini disebabkan karena permitaan yang pasar sudah mulai banyak, kemungkinan besar hal itu disebakan oleh para peminat (siswa) melihat dari dari sudut pandang perkembangan teknologi saat ini sangatlah pesat, tak dapat dipungkiri saat ini teknologi informasi berkembang setiap harinya. Penggunaan teknologi informasi seperti komputer ini sangatlah dibutuhkan sekali dalam bidang usaha industri, ekonomi, bahkan dalam bidang pendidikan sekalipun. Semua hal itu membuat peluang kerja saat ini membutuhkan ilmu yang berhubungan dengan semua itu.

Daripenjelasan diatas sudah terlihat jelas bahwa semua kegiatan sehari-hari tidak pernah telepas dari ilmu teknologi informasi yang akan menjadi peluang basar bagi lembaga-lembaga yang bergerak dibidang pendidikan sangat berkeinginan untuk mengembangkan program jurusan  TKJ lebih jauh lagi.
Akan tetapi masih ditemui permasalah permasalahan didalam jurusan ini salah satunya adalah kurikulum sekolah yang belum dapat menyentuh tujuannya(dunia kerja), selain dari itu permasalahan yang muncul dari lembaga sekolah yang terkadang kekurangan dalam hal fasilitas yang kurang mumpuni yang membuat para siswa kurang mempunyai ilmu yang benar benar dapat di implentasikannya didunia kerja, hal ini membuat sedikit berbalik dengan tujuan siswa SMK yang seharusnya harus siap bekerja setelah lulus sekolah. Sebagai contohnya adalah ketika para siswa melakukan praktek kerja industri atau dikenal juga dengan praktek kerja lapangan (magang), masih banyak siswa yang belum siap dalam mengimplentasikan ilmu yang siswa dapat dari sekolah. Yang mengakibatkan para pelaku industri turun tangan dalam memberikan ilmu lebih untuk para siswa itu, hal ini menjadikan beban bagi para pelaku industri yang dititipi siswa (magang).

Salah satu solusi yang paling efektif untuk saat ini adalah dengan jalan memberikan tambahan ilmu praktisi kepada siswa magang melalui bahan materi ajar dengan model pembelajaran jarak jauh (e-learning) yaitu dimana siswa mendapatkan bimbingan dan konsultasi langsung oleh tutor. Model e-learning sebenarnya mirim saja dengan model belajar konvensional hanya mekanisme kerjanya e-elearning menggunakan media internet sebagai peyampaian pesan atau modul ajar kepada siswanya.


Peluang Kerja Untuk Para Siswa Dengan Jurusan TKJ


Industri Networking (Jaringan)

Di perusahaan bidang jasa penyedia device networking. Disini biasanya anak TKJ itu masuk sebagai Engineer Networking. Kerjanya ada yang menginstal jaringan seperti konfigurasi router, instalasi vpn, instalasi tunnel, Maintenance perangkat jaringan maintenance router, access point, hub, switch. Ada juga yang bertugas memasang routernya saja untuk konfigurasinya sudah di setting oleh atasannya yang lebih mahir. Ditugaskan keluar kota hanya untuk memasang router, ya kerja sambil jalan jalan hehe.

Industri Jasa Penyedia Layanan Internet

Di Perusahaan jasa penyedia layanan internet banyak memperkerjakan Anak dengan jurusan TKJ. Biasanya anak jurusan TKJ ditugaskan sebagai Customer Service, atau orang yang berada di depan komputer yang ditugaskan untuk memonitor jaringan. Ada juga yang jadi Teknisi, biasanya tugasnya itu memasangkan perangkat jaringan seperti memasang kabel jaringan LAN, setting mikrotik, setting access point di client, ada juga yang ditempatkan di event-event, tugas para teknis di event biasanya memasangkan jaringan WI-FI.

Industri/Perusahaan Biasa

Pada perusahaan/industri biasa, anak TKJ biasanya bertugas sebagai penginstal, maintenance perangkat keamanan seperti jaringan kamera CCTV, memasang access control, alarm dll yang berhubungan dengan system keamanan. Lebih kepada instalasi perangkat baru dan maintenance perangkat-perangkat yang existing.

Industri Perbankan

Anak TKJ biasanya ditugaskan sebagai IT Helpdesk dari sebuah perusahaan bank. Bertugas menangani masalah yang ada pada perusahaan bank tersebut terutama dalam hal IT. Tugasnya seperti menangani masalah pada komputer, maintenance perangkat telepon, perkabelan dan lain lain.

Industri Penyedia Layanan Data

Adapun tugas yang biasanya dilakukan yaitu instalasi os linux server, meinstal dan menyetting VPS Server, instalasi aplikasi big data seperti database oracle, hadoop, SQL dan lain laim

Industri Jasa Aplikasi

Ini dia yang pasti ada, jadi gak cuma anak dengan jurusan RPL saja yang bisa menjadi programmer. Anak SMK TKJ juga banyak yang jadi programmer. Tentunya kamu perlu lebih memperdalaminya, karena di jurusan TKJ tidak mempelajari bahasa pemograman sedalam anak RPL. Anak juga banyak yang ditugaskan sebagai junior programmer, seperti programmer java, php dan bahasa pemograman yang lainnya.

Industri Permesinan

Tak hanya anak jurusan TP (Teknik Permesinan) saja yang berada di industri ini, anak TKJ juga sering dipekerjaan di industri permesinan. Tapi anak jurusan TKJ akan tetap dalam tugasnya yaitu dibidang komputer dan jaringan.

Industri Toko Online/E-Commerce

Biasanya anak TKJ ditugaskan sebagai programmer. Disini anak TKJ masuk kedalam web programmer (Pembuatan Web).

Industri Wirausaha

Tak hanya dapat bekerja sebagai teknisi perkantoran, anak tkj juga dapat membuat usahanya sendiri seperti membuka WARNET (Warung Internet), Teknisi Service Komputer/Laptop, membuka Les Privat komputer dan lain lain.

Semoga Artikel Ini Dapat Menjadi Pengetahuan lebih bagi anda :')

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
12 April 2018 pukul 05.00 delete

Keren min, saya juga termasuk anak TKJ nih..heheh salam rj45

Reply
avatar