9 Tips Agar Aman Dan Cerdas Berinternet

Hai Kawan,, Internet di jaman sekarang sudah menjadi hal yang wajib ada dalam setiap smartphone setiap orang, semakin banyak pengguna internet di dunia semakin banyak orang orang yang memanfaatkan hal ini untuk melakukan hal jahil atau sebuah kejahatan, tak heran jika banyak orang yang dirugikan maka untuk itu cerdaslah dalam menggunakan internet. Langsung saja kita ke pembahasan, dibawah ini adalah tips agar anda aman berinternet.




1. Batasi data pribadi (Privasi)

Janganlah masukan data pribadi anda secara jelas agar tidak ada, pihak pihak yang tak bertanggung jawab yang biasanya melakukan hal yang buruk seperti teror ataupun hal jahat/jail lainnya.

2. Kata Sandi Adalah Kunci

Buatlah kata sandi setiap Akun sosial media atupun smartphone anda dengan keaman yang kuat agar tak mudah untuk diretas para hacker. Perhatikan kata sandi akun media sosial, selalu update pasword anda minimal satu bulan satu kali dan biasakan agar mengisi kata sandi dengan beragam kombinasi seperti huruf kecil-besar, angka, ataupun tanda baca unik. ingat jika anda memiliki lebih dari 1 akun, janganlah memberikan kata sandi yang sama kepada semua akun agar anda aman.

3. Cerdas Dalam Dunia Maya

Jangan tambahkan orang orang yang tidak anda kenal di dunia nyata dan jangan terlalu update dengan apa yang anda lakukan, karena setiap orang dapat mengakses dunia maya jadi setiap orang dapat tahu apa yang sedang anda lakukan di dunia maya. Berperilakulah sewajarnya dikarenakan banyak kejadian kejadian kriminal yang terjadi dikarenakan hal sepele di dunia maya.

4. Keamanan

Aktifkan firewall dan Anti Virus, firewall akan membuat kita aman jika berselancar internet, selain itu firewall akan membantu anda mengontrol serta mengawasi paket data jaringan anda dan Anti Virus akan menjauhkan anda dari virus atau malware disaat anda online maupun offline.

5. Hindari Virus

Jauhilah link atau website yang tak aman seperti web video porn*, banyak pengguna internet yang terjebak dikarenakan mengunduh video atau file, yang kita lihat memang sebuah video atau file yang kita inginkan tapi terkadang video/file itu disusupi oleh virus atau malware yang membuat perangkat anda rusak.

6. Hindari Keylogger

Berhati hatilah dengan keylogger, karena para peretas yang tak bertanggung jawab sering menggunakan keylogger sebagai jebakan, keylogger dapat merekam aktifitas mengetik anda, data andapun dapat di rekam oleh keylogger ini. Biasanya keylogger ini sering dipasang di Warnet (Warung Internet).

7. Hindari untuk mengunakan Wi-Fi public

Meskipun Wi-Fi ini dapat menguntukan dan juga menghemat paket internet anda akan tetapi jika jaringan Wi-Fi ini dipergunakan untuk mengakses Web transaksi bisa bisa anda yang akan sasaran para orang orang jahat untuk menguras uang anda. Ada satu cara agar anda dapat aman dari masalah ini yaitu menggunakan VPN.

8. Hindari Pishing

Hindari link dan email yang meminta alamat, password, indetitas anda, karena bisa saja itu adalah sebuah pishing yang akan membuat kerugian bagi anda, pishing adalah salah satu teknik kejahatan untuk mendapatkan informasi penting seperti kartu kredit, akun media sosial dan sebagainya. Saran  saya untuk menghindari pishing yaitu Hindarilah email/website yang tak terpercaya yang meminta email addres, password, tanggal lahir atau apapun yang bersifat pribadi.

9. Gunakan Browser Yang Aman

Pastikanlah anda menggunakan browser yang memiliki fitur yang dapat mengenkrispsi lalu lintas internet dan sistem privasi yang aman, agar anda terhindari penyadapan. Browser yang saya kira aman untuk anda gunakan  di antaranya Google, TOR, Avira Scout dan lain lain.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »