Inilah Tingkatan Ilmu Hacker, Berada Di Tingkatan Mana Anda ?

Hai Kawan, Untuk sebagian orang sudah tidak asing dengan kata "Hacker", terkadang hackern sering di identikan dengan hal hal negatif seperti membobol sistem web, pencurian kartu atm dan sebagainya.
Hacker atau dengan yang kita kenal dengan "Peretas", merupakan seseorang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos, merusak; sebuah sistem dan jaringan komputer dengan tujuan keuntungan diri sendiri atau di motivasi oleh sebuah tantangan.
Tahukah anda, didalam ilmu peretasan memiliki tingkatan tingkatan dalam pengusaan ilmunya. Dibawah ini saya akan menyebutkan dan menjelaskan 5 tingkatan ilmu Hacker.




Tingkatan Ilmu Hacker/Peretas

  • Elite
Elite Hacker atau dikenal juga dengan 3l33t, 3l337, 31337; merupakan tingkatan tertinggi dari keahlian dan pengetahuan seorang hacker. Keahlian mereka seperti halnya siluman mereka dapat memasuki sebuah sistem komputer atau jaringan tanpa diketahui, meskipun begitu kebanyakan mereka tidak merusak atau mengubah sistem tersebut di karenakan mereka selalu menuruti pada peraturan (Kode Etik Hacker). 
Dikarenakan keahlian dan ilmu yang mereka punya sangatlah hebat, biasanya mereka berprofesi sebagai Tester Security System, IT Administator, dan masih banyak lagi. 

  • Semi Elite
Pada tingkatan ini, mereka mempunyai kemampuan dan pengetahuan system dan jaringan komputer yang luas. Mereka mengerti dan ahli dalam hal sistem operasi  termasuk kelemahannya (Vulnerability). Biasanya mereka memiliki dan menggunakan sebuah program yang digunakan untuk mengeksploitasi sebuah sistem. Bahkan banyak juga serangan/teror yang dilakukan oleh tingkatan hacker ini.

  • Develoved Kiddie
Hacker yang berada ditingkatan ini biasanya masih muda, mereka biasanya selalu aktif belajar ilmu peretasan lalu mereka mencoba apa yang mereka pelajari, kebanyakan dari mereka selalu memproklamirkan apa yang berhasil mereka lakukan di hadapan publik.
Umumnya mereka masih menggunakan sistem operasi GUI (Graphic User Interface) seperti Windows dan masih belajar dasar - dasar sistem operasi UNIX/LINUX.

  • Script Kiddie
Kemampuan dan pengetahuan tingkatan hacker ini masih sangatlah minim, biasanya mereka mempunyai pengetahuan di teknis jaringan dan masih menggunakan sistem operasi GUI. Biasanya mereka selalu meneror, menakut nakuti, dan menggangu para pengguna internet lainnya. 

  • Lamer 
Biasanya mereka adalah orang orang yang tak terlalu mengerti ilmu peretasan, akan tetapi ingin menjadi hacker dikarenakan oleh bacaan, informasi, tontonan, yang memotivasi mereka. Hal yang biasanya mereka lakukan dan gunakan ialah DDOS, Nuke, dan Trojan (Virus), setelah itu mereka menyombongkan apa yang telah mereka lakukan.

Lalu berada ditingkatan manakan anda sekarang ?

Sekian pengetahuan yang dapat saya bagikan, semoga dapat menambah wawasan anda 😉

#NoSystemIsSafe!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »