Tips Ampuh Membuat Baterai Smartphone Berumur Panjang

Hai Kawan,, pengguna smartphone dari tahun ke tahun semakin banyak dan tak mengenal usia dari mulai anak anak sampai orang tuapun banyak yang sudah menggunakan salah satu teknologi ini, penggunaannya pun bermacam macam ada yang hanya menggunakan smartphone hanya untuk komunikasi ada pula yang menggunakannya sebagai hiburan, karena smartphone ini dapat dibawa bawa kemana mana dengan mudah ada kalanya muncul permasalahan seperti halnya yang akan kita bahas kali ini.

Sebenarnya, membuat baterai ponsel smartphone kita awet adalah hal mudah, anda hanya perlu menjalankan beberapa langkah sederhana akan tetapi efeknya sangatlah bermanfaat.




Tips Menghemat Baterai Smartphone (Android/iOS)

  • Aktifkan Mode Penghemat Baterai (Battery Saver)
Fitur ini ada sejak adanya Android Lolipop 5.0, walaupun fitur ini membuat kinerja smartphone kita dibatasi, memilih menggunakan fitur ini adalah hal yang sangat benar untuk membuat smartphone kita hemat baterai, apalagi jika smartphone kita dalam keadaan low-batt, jika smartphone sedang low-batt akan masih dalam keadaan full performance, itu akan membuat baterai kita cepat rusak dan juga umur smartphone itu sendiri.


  • Atur Kecerahan
Dibandingkan dengan komponen lain di ponsel, layar merupakan salah satu komponen yang paling cepat membuat baterai habis, disamping itu kecerahan ponsel yang sangat terang dapat membuat mata kita rusak. 

Setiap ponsel dibekali dengan fitur pengaturan kecerahan, kebanyakan pengguna ponsel lebih menyukai menggunakan fitur "Auto" atau "Otomatis", fitur ini memudahkan pengguna menyesuaikan kecerahan sesuai dengan situasi tertentu, akan tetapi fitur dapat membuat menguras baterai dengan cepat maka kita harus mengatur kecerahan dengan manual.

  •  Matikan Fitur Yang Tak Digunakan
- Tethring atau Hospot Wi-fi portabel

Sangatlah membuat baterai terkuras, jika fitur ini sedang tidak digunakan lebih baik dimatikan agar menjaga kesetabilan baterai kita.

- GPS 

Ketika fitur ini diaktifkan maka secara otomatis membuat perbaharuan ketika kita berpindah tempat, secara tidak langsung akan membuat baterai kita cepat habis. Maka lebih baik fitur ini dimatikan ketika tidak digunakan.

  • Gunakan Wallpaper Hitam Pada Layar AMOLED
Ada 2 tipe layar pada ponsel yaitu, LCD dan AMOLED. Jika anda pengguna ponsel yang memiliki layar dengan tipe LCD anda tidak perlu mengubah wallpaper anda menjadi wallpaper hitam, akan tetapi jika anda pengguna ponsel yang menggunakan tipe layar AMOLED, disarankan untuk mengubah wallpaper anda menjadi hitam.

Jenis layar AMOLED bekerja dengan iluminating individual pixels, yang berarti tipe layar jenis ini sangatlah memerlukan daya ketika layar berwarna cerah (putih,merah,dll) dan ketika layar berwarna gelap seperti hitam atau abu tidaklah memerlukan daya lebih.


  • Matikan Semua Animasi
Sadarkah anda setiap tindakan di ponsel anda ialah animasi juga ? 
Dan animasi ini dapat membuat baterai kita boros, sehingga lebih baik anda percepat saja animasi di ponsel anda dengan cara : 

Buka Setelan/Pengaturan.
- About Phone (Tentang Ponsel).
- Software Information.
- Tekan "Build Number/Nomor Bentukan" 7 Kali (Sampai mendapatkan notifikasi "Anda adalah pengembang).
- Buka menu Opsi Pengembang
- Skala Animasi Jendela, Pilih terkecil (0,5)
- Skala Animasi Transisi, Pilih Terkecil (0,5)
- Durasi Animator, Pilih Terkecil (0,5)

Atau 

- Buka Setelan/Pengaturan
- Pengaturan Tambahan
- Opsi Pengembang (Aktifkan)
- Skala Animasi Jendela, Pilih terkecil (0,5)
- Skala Animasi Transisi, Pilih Terkecil (0,5)
- Durasi Animator, Pilih Terkecil (0,5)

  • Jangan Terlalu Banyak Widget
Anda tidak perlu menggunakan terlalu banyak widget seperti widget cuaca,gmail,bookmark dll. Karena hal itu dapat menyebabkan pemborosan baterai.
  • Selalu Update Aplikasi
Aplikasi yang usang dan mempunyai bug akan membuat boros baterai, karena itu anda harus selalu mengupdate aplikasi aplikasi yang anda gunakan, akan tetapi anda tidak harus repot repot mengupdate secara manual karena Google Playstore sudah menyediakan fitur "Update Otomatis".


  • Mencharger Ponsel Dengan Baik.
Apakah anda sering menggunakan ponsel sambil dicharger? jika iya, maka hentikan kebiasaan itu sekarang. Karena kebiasaan itu dapat merusak baterai dan performa ponsel anda.

Nah itulah beberapa tips dari saya agar baterai ponsel anda berumur panjang, saya harap beberapa tips dari saya ini dapat membantu anda.

Terima Kasih telah berkunjung ke Blog saya. Berikan tanggapan anda dibawah, karena pembaca yang baik akan meninggalkan jejaknya 😊

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »